Kamis, 21 Agustus 2014

Universitas Muhammadiyah Malang

"JAS MERAH KAMPUS PUTIH", Begitulah sebutan universitas ini di masyarakat. Bagi saya pribadi, julukan ini sangat istimewa, mengapa?
Karena akronim "jasmerah" adalah sebuah akronim yang dilontarkan oleh bapak proklamator kita Ir. Soekarno. "Jangan Sekali-kali Meninggalkan Sejarah" atau disingkat "Jasmerah" adalah semboyan yang terkenal yang diucapkan oleh Soekarno, dalam pidatonya yang terakhir pada Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia tanggal 17 Agustus 1966. bagi saya, sebagai mahasiswa UMM, julukan Jas merah ada hubungannya dengan istilah jasmerah yang diucapkan oleh Soekarno. ketika mendengar kata jas merah, saya akan selalu teringat pesan beliau untuk tidak pernah melupakan sejarah, sejarah bangsa ini, sejarah kampus ini, bahkan sejarah kehidupan saya pribadi. dengan itu saya akan selalu bangga dan berbenah. semoga kampus tercinta ini juga demikian.

Selanjutnya julukan kampus putih, mungkin karena memang gedungnya yang sebagian berwarna putih ya, jadi dapat julukan ini. tapi lagi-lagi bagi saya julukan ini mempunyai makna khusus. putih bisa saya artikan suci dan tulus. Bagi saya kampus UMM ini saya anggap tempat suci, dimana saya akan menimba ilmu untuk kehidupan saya kelak. dan juga saya anggap semua orang di dalamnya menjalankan tugas dan kewajibannya pasti dengan tulus, dosen tulus memberikan ilmunya, mahasiswa tulus mencari dan menerima ilmunya, security tulus menjaga keamanan, dan semuanya seperti itu.

Intinya, bagi saya Universitas Muhammadiyah Malang lebih dari sekedar kampus-kampus biasa lainnya, karena dengan julukannya "jas merah, kampus putih" kita akan selalu dipaksa untuk mengingat dan berbenah di tempat yang "suci" dalam menuntut ilmu ini. itu dari julukannya saja sudah mengandung makna yang hebat, apalagi program pendidikannya.

Akhir kata, saya bangga ada disini dan bagi anda-anda yang di luar sana, jangan ragu untuk bergabung dengan kami disini, di "Jas Merah, Kampus Putih"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar